3 HAL TENTANG KERJA & PELAYANAN

Diluar kekristenan, Kerja artinya semua hal yang mendatangkan uang sementara pelayanan adalah sesuatu yang berbeda; aktifitas yang orientasinya bukan uang.
Bagi "Orang Percaya" kerja adalah Pelayanan dan Pelayanan adalah Kerja. Mari kita belajar dari Alkitab mengapa demikian..
1. Kerja adalah Pelayanan dihadapan Allah. Dalam Perjanjian Lama, setelah rampung menciptakan semesta beserta isinya, Allah kemudian menciptakan manusa dan menempatkannya di Taman Eden. (Kejadian 2:15) Tujuannya agar manusia mengusahakan (bekerja, mengerjakan taman itu sebagai pelayanan) dan memelihara (menjaga) taman itu. Orang percaya adalah rekan sekerja Allah dalam merawat dan menjaga dunia dimana kita berada.
2. Kerja adalah proses mengembangkan Talenta. Dalam Perjanjian Baru, Tuhan Yesus memberikan perumpamaan tentang Talenta. Ada orang yang diberi 1, ada yang diberi 2 dan ada yang diberi 5.. Setiap orang diberi, tidak ada yang tak kebagian, meski minimal hanya 1. (Matius 25:16) Talenta bicara tentang hal berharga yang Tuhan taruh dalam setiap orang. Hal berharga yang Tuhan percayakan kepada kita bisa dalam bentuk: Kecerdasan, Bakat, Kekayaan, Kesehatan dan semua hal yang bernilai. Semua hal yang berharga dalam hidup kita, harus kita kembangkan dan akhirnya harus dipertanggungjawabkan kepada Nya saat DIA menanyakan semua itu suatu kali nanti kepada kita sekalian.
3. Menjadikan Tuhan sebagai Tuan dalam pekerjaan. Apapun aktifitas kita, apapun yang kita perbuat, Allah mau kita melakukannya seperti untuk Tuhan. Itu artinya, tidak ada pekerjaan jahat yang bisa kita lakukan, karena Allah mau kita mempertanggungjawabkan semua tindakan, perbuatan, aktifitas dan perkerjaan kita kepada Dia.
Semoga kita semua mampu menjadi kawan sekerja Allah di bumi ini dan mampu bertanggung jawab dalam mengembangkan semua yang Tuhan percayakan kepada kita dalam hidup ini.

Post a Comment

Previous Post Next Post