3 GODAAN TERBESAR MANUSIA

Kejatuhan manusia (Adam & Hawa) dalam dosa, tidak berlangsung tanpa sebab. Ada proses menghadapi GODAAN Iblis yang harus dilalui, hingga manusia itu (Adam & Hawa) kemudian dinyatakan berdosa, gagal, tidak sesuai atau melenceng dari tujuan Allah.
Setiap orang setelah Adam, kemudian harus menghadapi proses dimana mereka mesti membuktikan keteguhannya dalam memegang teguh Firman Allah melalui GODAAN Iblis.
Belajar dari Matius 4:1-11, kita bisa melihat ada 3 godaan terbesar yang dipakai iblis untuk menjatuhkan manusia:
1. GODAAN MENGGUNAKAN OTORITAS SEBAGAI ANAK ALLAH. Saat seseorang pecaya kepada Yesus, mereka menjadi anak-anak Allah. Dan dalam diri anak-anak Allah ada otoritas yang melekat yaitu "kuasa dalam perkataan". Alkitab berkata: tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya. Anak-anak Allah bahkan ditantang untuk meminta apa saja dalam nama Yesus, dan pasti terjadi.
Godaan untuk menjadikan "batu menjadi roti" adalah godaan agar anak-anak Allah menggunakan otoritasnya demi memenuhi kepentingan dan kebutuhannya sendiri, kebutuhan pribadi. Kuasa yang ditaruh dalam diri kita sebagai anak-anak Allah bukan untuk digunakan memuaskan kebutuhan fisik kita, melainkan untuk perkara-perkara yang memuliakan Allah. Hati-hati dalam menggunakan otoritas dan kuasa yang melekat dalam diri kita sebagai anak-anak Allah.
2. GODAAN MENGUJI PERLINDUNGAN ALLAH. Saat seseorang menjadi anak Allah, pada dirinya kemudian melekat "Penyertaan dan Perlindungan"Nya. Kepada mereka yang percaya itu, Allah kemudian memberikan materaiNya hingga kita berada dalam perlindungan khusus Nya. (Efesus 1:13) Yohanes bahkan mencatat, mereka (anak-anak Allah) tidak bisa berbuat dosa lagi (1 Yohanes 3:9).
Godaan untuk menguji perlindungan Allah kerap menjadi godaan terbesar bagi anak-anak Allah. Banyak orang percaya yang jatuh dalam dosa bukan karena mereka tidak dilindungi oleh Kuasa Tuhan, melainkan karena mereka sengaja menjatuhkan diri dalam pencobaan. Jika anda tahu di diskotik itu banyak hal yang bisa membuat anda jatuh dalam dosa, jangan masuk ke situ lah... Jika anda tahu jabatan itu akan membuat anda bisa korupsi, jangan coba-coba masuk ke zona itu boss. Jika merokok bisa membuat paru-paru anda rusak, janganlah anda teruskan kebiasaan itu, jangan sampai sudah paru-paru rusak berat, anda berdoa: "Tuhan, sembuhkan aku dari sakit ku ini". Ingat, Tuhan bukan tempat pelarian.
3. GODAAN MENIKMATI HIDUP DALAM KEMEGAHAN. Kebanyakan manusia, akan lebih memilih hidup dalam kemewahan dan kemegahan daripada harus hidup dalam kekurangan. Demi mengejar kemewahan dan kemegahan, sesorang rela melakukan apa saja, bahkan jika harus mengabaikan FirmanNya. Padahal, Allah mengajar kita untuk selalu bersyukur akan apapun kondisi kita, karena Allah berjanji, IA akan memelihara hidup kita. Bahkan dalam doa, kita diajar untuk hidup secukupnya; "berilah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya".
Saat kita mengabaikan Frman Allah demi mengejar kemegahan dunia ini.. saat kita lebih mengutamakan pekerjaan-pekerjaan di kantor ketimbang datang beribadah ke rumah Tuhan.. saat melayani kaum si kaya lebih besar dibanding melayani mereka yang paling hina.. hati-hati lah, jangan sampai kita jatuh dalam godaan ini.
Semoga kita semua termasuk orang yang mampu melewati 3 Godaan ini. Tuhan Yesus memberkati.

Post a Comment

Previous Post Next Post