4 TIPE MANUSIA PILIHAN

Ketika Tuhan Yesus berbicara soal PENGANGKATAN dalam Matius 24:37-44, pernahkan terbersit dalam benak kita; siapa kira-kira orang yang termasuk dalam golongan "mereka yang akan diangkat ke awan-awan untuk memerintah bersama dengan Tuhan dalam kerajaan 1,000 tahun nantinya ?". Tentu, mereka yang akan diangkat adalah orang-orang pilihanNya.
Dalam beberapa perumpamaan, setelah informasi tentang peristiwa akan terjadinya pengangkatan itu diberikan, kita melihat ada 4 tipe manusia pilihan Allah:
1. HAMBA YANG SETIA. Mereka yang masuk dalam tipe ini adalah orang-orang yang selalu mengerjakan apapun tugas serta perintah yang diberikan Tuhan kepadanya dengan penuh kesetiaan. Pernahkan anda mengamati orang yang setia? Mereka adalah pribadi yang tidak akan pernah mengeluh dalam menjalankan tugas-tugas pelayanannya dalam kondisi apapun. (Matius 24:45-51)
2. GADIS YANG BIJAKSANA. Gadis Bijaksana yang disebutkan disini, adalah mereka yang siap menyambut Kristus - sang mempelai pria, dengan membawa pelita, lengkap bersama persediaan minyak, tujuannya agar pelitanya tidak padam sepanjang menunggu sang mempelai pria. Mereka yang masuk dalam kelompok orang bijaksana adalah, orang-orang yang bukan hanya siap untuk menyambut kedatangan Tuhan namun selalu menjaga api Roh Kudus dalam dirinya tidak terpadamkan (Matius 25:1-13)
3. HAMBA YANG MENGEMBANGKAN TALENTA. Alkitab menjelaskan kepada kita tentang Allah yang memberikan Talenta, sesuatu yang sangat bernilai, untuk dikembangkan. Talenta adalah semua hal berharga yang Tuhan berikan dalam hidup seseorang; harta, kekayaan, kecerdasan, bakat, dan apapun yang berharga lainnya. Mereka yang bisa mengembangkan Talenta dianggap sebagai orang yang bertanggung jawab oleh Tuhan. (Mat 25 : 14-30)
4. ORANG-ORANG BENAR. Kelompok ini adalah mereka yang punya habit: suka berbagi kepada sesamanya yang paling hina; memberi makan dan minum, memberi tumpangan, memberi pakaian, melawat mereka yang sakit, mengunjungi mereka yang dalam penjara. (Matius 25:35-40)
Semoga kita semua termasuk dalam kelompok orang-orang yang dipilih Tuhan dan layak dalam pemandanganNya.

Post a Comment

Previous Post Next Post