6 FOKUS ORANG PERCAYA

Untuk bisa sukses dalam hal apapun dibutuhkan sikap fokus. Demikian halnya dalam hal mengiring Tuhan, kita harus punya sikap fokus. Tuhan Yesus memberikan 6 hal penting yang harus menjadi Fokus orang Percaya melalui DOA BAPA KAMI.
Matius 6:9-14
1. Fokus pada menghormati kekudusan Allah ("Bapa kami yang ada di sorga dikuduskanlah nama Mu") Poin ini mengajarkan kita untuk mengerti betapa Allah itu adalah pribadi yang Agung, suci dan layak menerima hormat kita. Cara kita menghormati Allah akan terlihat dari sikap kita sehari-hari dalam hal bertuturkata, bersikap dan berperilaku. Jika anda tahu bagaimana caranya bersikap saat berhadapan dengan seorang pemimpin negara (presiden atau raja) tentu kepada Allah semesta alam itu, cara kita menghormati akan lebih lagi bukan ? apalagi, Allah yang Agung itu hanya bisa dihampiri dengan kekudusan. Tanpa kekudusan, tidak ada seorangpun dapat melihat Allah.
2. Fokus pada hal Kerajaan Allah ("Datanglah kerajaan Mu") Kerajaan Allah adalah seumpama Biji Sesawi dan Ragi, sesuatu yang awalnya kecil, tidak banyak dalam kuantitas namun saat ditaburkan, ia menjadi sesuatu yang berdampak bagi lingkungan disekitarnya. Biji Sawi menjadi pohon rindang tempat burung-burung bernaung. Ragi menjadikan tepung jadi khamir seluruhnya. Orang percaya harus bisa menjadi berkat, menjadi tempat berlindung, menjadi terang dan garam bagi dunia.
3. Fokus pada Kehendak Allah yang kekal ("Jadilah KehendakMu di bumi seperti di sorga") Allah tentu sangat bisa mengatur seisi dunia, tapi manusia seringkali tidak bisa diatur oleh Tuhan. Manusia kerapkali memaksa Tuhan untuk melakukan sesuatu yang menjadi kehendak manusia, dan bukan manusia yang melakukan kehendak Nya. Melakukan kehendak Allah berarti Percaya kepada YESUS yang diutus Allah, serta melakukan Amanat Agungnya.
4. Fokus pada pemeliharaan Allah setiap hari ("berilah kami makanan secukupnya"). Allah selalu memelihara orang yang percaya kepadanya setiap hari. Namun, manusia seringkali tidak bersyukur dan tidak mencukupkan diri dengan berkat Tuhan. Saat seseorang punya banyak uang bukan berarti dia boleh makan berlebihan dan sembarangan bahkan sampai membuang-buang makanan, makanlah secukupnya sesuai berkat yang Tuhan berikan setiap hari.
5. Fokus pada Pengampunan yang Tuhan telah berikan ("ampunilah kami akan segala kesalahan kami seperti kami mengampuni orang yang bersalah kepada kami"). Allah selalu punya pengampunan bagi mereka yang memintanya, tetapi sebelum seseorang menghadap Allah untuk meminta pengampunanNya, Allah mau kita mengampuni orang yang telah bersalah kepada kita, mengampuni orang yang telah menyakiti, menghianati, menipu, menghancurkan, dan hal-hal lain yang membuat kita terluka. Tanpa kemampuan kita untuk bisa mengampuni sesama yang telah bersalah kepada kita, jangan harap DIA akan mengampuni dan menerima doa-doa kita dihadanNya.
6. Fokus pada perlindungan dan penyertaan Tuhan dalam setiap pencobaan ("janganlah membawa kami ke dalam pencobaan tapi lepaskanlah kami dari yang jahat karena Engkaulah yang empunya kerajaan Sorga"). Perlindungan Allah dan PenyertaanNya kokoh, tak bisa ditembus oleh kekuatan apapun. Yakinlah pada perlindungan Allah yang kuat laksana Benteng & Perisai. Namun, jangan coba-coba mendekati memasuki area pencobaan. Sudah tahu di diskotik banyak cobaan, anda sengaja masuk juga.. pastilah cepat atau lambat anda akan terjatuh dalam pencobaan. Sudah tahu merokok bisa merusak kesehatan, anda tetap melakukannya juga, jangan menjerit minta disembuhkan kalo suatu saat nanti paru-paru anda rusak.. tidak ada kesembuhan dari Allah jika sakit yang anda alami itu akibat tindakan anda yang sengaja memasuki area pencobaan.
Mari kita Fokuskan segenap hati dan pikiran kita kepada perkara mengasihi Allah, agar kita kemudian layak disebut sebagai hamba yang setia dan beroleh kemuliaan kekal di sorga.

Post a Comment

Previous Post Next Post