PERSIAPAN PENGINJILAN YANG EFEKTIF

Untuk dapat menjalankan kegiatan Penginjilan yang efektif, diperlukan beberapa hal yang seharusnya dipahami:
1. Kenali Tingkat Kerohanian seseorang. Dengan mengenali tingkat kerohanian seseorang yang akan kita beritakan Injil, kita akan tahu harus mulai darimana untuk memberitakan Injil.
a. Tidak pernah mendengar tentang kekristenan.
b. Pernah dengar tentang kekristenan tapi tidak tahu banyak yang sebenarnya tentang kekristenan.
c. Sudah pernah dengar tentang Injil
d. Sudah Memahami Injil
e. Merasakan manfaat Injil
f. Membutuhkan pengampunan dan Kasih Allah
g. Perlu ditantang menerima Yesus
h. Mau berdoa dan menerima Yesus
i. Sedang memikirkan apa yang akan diputuskan
j. Mau bergabung dengan sebuah gereja
k. Mau menceritakan / bersaksi kepada orang lain.
2. Menjadikan diri hamba bagi semua orang (1 Korintus 9:19-23). Jika suatu gereja mulai hidup untuk kepentingan dan orientasi kelompoknya sendiri dan bukannya hidup bermasyarakat bersama dengan orang-orang yang berada di sekitar gereja, maka itu berarti mulainya suatu kematian yang berlangsung perlahan tapi pasti. Penginjilan adalah sukacita dan sumber kehidupan suatu gereja. Setiap anggota gereja harus menjadi saksi setiap hari.
3. Melakukan Penginjilan Pribadi. Banyak orang percaya mau melakukan penginjilan Pribadi tetapi bingung harus mulai darimana ?
a. Lakukan Penginjilan Pribadi. Yesus memerintahkan kita untuk pergi berdua-dua, tidak sendirian, jadi pergilah berdua dengan teman Anda, pria dengan pria dan wanita dengan wanita.
b. Menolong Orang. Cara paling mudah untuk mempelajari penginjilan adalah dengan langsung mempraktikkannya, jadi pergi dan tolonglah orang-orang yang membutuhkan.
c. Fokus pada Keluarga & teman dekat. Mereka adalah orang-orang yang paling sering Anda temui dan yang paling Anda kenal. Mereka mungkin sudah mulai melihat perubahan-perubahan sikap hidup yang terjadi di dalam diri Anda dan bahkan mulai bertanya-tanya dalam hati mereka tentang perubahan yang terjadi dalam hidup Anda.
d. Berikan pengalaman Iman dan Kepercayaan anda pada orang-orang yang anda temui. Ceriakan pada mereka bagaimana iman anda telah bekerja dalam hidup anda.
e. Berdoa agar Roh Kudus memegang kendali sepenuhnya atas kita.
f. Berbicaralah selalu mengenai Yesus. Katakanlah bahwa Yesus dapat menyembuhkan, memberkati dan mengampuni, dan katakanlah juga bahwa Yesus hadir di sini bagi mereka, sekarang juga Yesus hadir untuk menolong mereka. Tawarkanlah mereka untuk didoakan dan nantikanlah apa yang akan Tuhan kerjakan.
g. Perlihatkanlah kasih Allah dengan cara menawarkan bantuan dalam hal-hal yang praktis jika itu memang memungkinkan. 1 Yohanes 3:18.
h. Berdoalah untuk keluarga mereka (Kisah Rasul 16:31).
4. Melihat tanda-tanda Allah sedang bekerja. (Yohanes 6:44; tidak ada seorangpun yang dapat datang kepadaKU, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus AKU, dan IA akan KU bangkitkan pada akhir zaman). Kita dapat mengenali tanda-tanda itu ketika seseorang secara serius menunjukkan minat kepada Yesus, dan itu hanya mungkin terjadi bila Allah Bapa telah memilih dan menariknya. Demikianlah cara Anda mengetahui apa yang sedang dikerjakan oleh Allah. Tidak perlu mendesak orang-orang yang tidak segera memberikan responnya, tetapi serahkanlah perkara itu ke dalam tangan dan waktu Allah. Matius 10:14.

Post a Comment

Previous Post Next Post