8 PRINSIP PELAYANAN



Siapapun yang merasa dipanggil Tuhan untuk melayaniNya, harus paham dasar-dasar dari pelayanan yang alkitabiah. Dengan memahami dasar-dasar pelayanan yang benar, maka pelayanan anda akan menjadi pelayanan yang olehnya nama Tuhan ditinggikan.

Apa saja dasar-dasar pelayanan itu?

Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu. Filipi 4:8

1. SEMUA YANG BENAR (ἀληθής - baca, alethes) kata ini mengandung makna, dalam kehidupan anda, anda harus punya rasa mencintai kebenaran, mengatakan hanya hal-hal yang benar bukan kebohongan apalagi tipu muslihat dan berkata jujur untuk semua yang anda sampaikan. Tanpa nilai kejujuran dan kebenaran ini, pelayanan anda akan menghasilkan "kerusuhan" dalam jemaat.

2. SEMUA YANG MULIA (σεμνός - baca semnos) kata ini mengandung makna bahwa anda harus memiliki kepedulian (respek) pada orang lain dan sikap anda harus meninggalkan kesan yang mendalam (impresif) dimana oleh tindakan-tindakan anda orang lain dapat terharu  serta diubahkan hidupnya menjadi lebih baik.

3. SEMUA YANG ADIL (δίκαιος - baca dikaios) kata ini memiliki makna dimana segenap hidup anda, haruslah berlaku adil... baik pikiran maupun tindakan anda, harus berpegang pada kebenaran (Firman) Allah. Anda tidak boleh bertindak / mengambil keputusan-keputusan berdasarkan: "kata orang", "sesuai aturan", "menurut atasan", "sesuai adat" dan semua hal atau nilai-nilai yang bertentangan dengan Firman Allah.

4. SEMUA YANG SUCI (ἁγνός - baca hagnos) kata ini mengandung arti bahwa hidup anda haruslah murni dalam hubungan intim (terkoneksi) dengan Tuhan. Saat anda memiliki koneksi yang baik dengan Tuhan, selama itu juga hidup anda akan dikuasai oleh Roh Kudus.  Anda akan dipimpin untuk bertumbuh kearah Kristus. 

5.SEMUA YANG MANIS (προσφιλής - baca prosphilēs) kata ini mengandung makna bahwa anda harus bisa melayani orang lain layaknya seorang sahabat, bisa menerima orang lain apapun kondisinya; baik kelebihan ataupun kekurangannya, bisa mengasihi orang-orang yang anda layani dengan kasih Allah.

6. SEMUA YANG SEDAP DIDENGAR (εὔφημος - baca euphēmos) kata ini mengandung makna bahwa dalam melayani anda harus menggunakan kata-kata yang baik, perkataan yang membangun iman, pengharapan dan kasih. Jika anda merasa bisa menggunakan  kata-kata yang kasar, penuh penghakiman dan makian saat berada diatas mimbar atau dimanapun anda melayani.. percayalah.. itu bukan "roh kenabian" dan pasti bukan juga Roh Kudus yang menggerakkan kata-kata anda.

7. SEMUA YANG DISEBUT KEBAJIKAN (ἀρέτη - baca aretē) mengandung makna bahwa anda harus memiliki kualitas seorang pria sejati yang "berani dan kuat" terutama dalam hal berbuat baik dan positif secara moral. Manusia yang tidak memiliki moral disebut amoral artinya dia tidak bermoral dan tidak memiliki nilai positif di mata manusia lainnya. 

8. SEMUA YANG PATUT DIPUJI (ἔπαινος - baca epainos) mengandung makna bahwa anda harus memperhatikan segala sesuatu yang bisa membuat orang lain merasa dihargai, dihormati, tersanjung, dan bentuk-bentuk penghargaan lain pada "rasa kemanusiaan"  nya. Ini harus dilakukan secara tulus dan bukan dalam maksud "menjilat" ataupun mengobral  sikap "asal bapak senang".

Jika kita melandasi pelayanan kita pada hal-hal  ini, pastilah pelayanan kita menjadi pelayanan yang penuh berkat bagi siapapun. Selamat melayani.

Ps. Gabriel Hartanto
OnlineChurhMinistry.net

Post a Comment

Previous Post Next Post