KEKUATAN ORANG PERCAYA



Setiap manusia yang dilahirkan ke dunia ini pasti akan mengalami masalah dan problem, tidak perduli dia "orang percaya" atau "orang biasa". Yang membedakan seseorang itu sebagai "orang percaya" atau "orang biasa" terletak pada caranya menghadapi masalah.

Orang biasa pada umumnya, saat menghadapi masalah akan memilih lari atau larut dalam keadaan serta kondisi yang menyedihkan; larut dalam kesedihan berkepanjangan, mengutuki keadaan, menyalahkan pihak lain, mengeluh dan sikap-sikap negatif lainnya. Bandingkan mereka yang termasuk dalam kelompok " orang percaya", mereka diumpamakan seperti burung rajawali:

tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah. (Yesaya 40:31)
Perhatikan sikap "Orang percaya", yang diumpamakan seperti rajawali, saat menghadapi persoalan: IA MENANTI-NANTIKAN TUHAN. Kata yang dipakai untuk MENANTIKAN TUHAN adalah קוה (qâvâh - baca : kaw-vaw) yang maknanya "menunggu dengan sabar dan penuh harap pada datangnya pertolongan yang dari Tuhan".

Sikap orang percaya dalam menghadapi masalah menurut kitab Yesaya 40:31 adalah

1. Orang percaya yang menunggu dengan sabar datangnya pertolongan Tuhan seumpama burung rajawali. Apa hebatnya seekor burung rajawali?

Rajawali itu bukan jenis burung biasa.. dia tidak seperti burung umumnya yang ketika badai datang memilih tinggal di dalam sarang yang aman, hangat dan nyaman. Saat badai datang, Rajawali justru akan masuk kedalamnya dan menikmati terbang ditengah badai. Tahukah anda cara rajawali terbang ditengah badai? Ia hanya perlu merentangkan sayapnya lebar-lebar, tidak perlu susah payah mengepakkan sayapnya, dan oleh kekuatan badai itu.. sang rajawali akan semakin naik tinggi. Demikian dengan "orang percaya", masalah atau problem bukanlah halangan, justru dengan itu ia semakin kuat dan teruji. Hadapi apapun tantangan, masalah dan pergumulan yang datang dalam hidup ini dengan hati yang penuh sukacita didalam Tuhan.

2. Orang percaya yang menunggu dengan sabar datangnya pertolongan Tuhan akan terus berlari dan berjalan namun tidak akan menjadi lesu dan lelah. Anda harus tahu bahwa burung rajawali mempunyai sepasang kaki yang kuat, kuku yang tajam melengkung untuk mencengkeram mangsa serta daya penglihatan yang tajam untuk memburu mangsa dari jarak jauh tak terkira. Lihatlah, betapa Allah melengkapi rajawali dengan potensi terbaik untuk ia bisa menjadi mahluk yang hebat.. demikian kepada "orang percaya", Allah memberikan kekuatanNya kepada kita untuk mampu memgatasi setiap masalah yang datang.

Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya. (1 Korintus 10:13)

Orang percaya tidak akan pernah merengek-rengek, mengeluh apalagi menyalahkan keadaan hanya karena masalah yang datang.. orang percaya akan terus berlari dan berjalan bersama Tuhan dan kekuatan Allah tidak akan membuatnya menjadi letih & lelah.

Jadilah Rajawali, teruslah berlari dan berjalan bersama Tuhan.. fokus pada visi yang Tuhan berikan kepada anda... dan lihatlah, Allah akan membawa anda semakin tinggi mengatasi setiap badai hidup yang datang menerjang.

Ps. Gabriel Hartanto




Post a Comment

Previous Post Next Post