3 CARA MENANG ATAS KEINGINAN DAGING

Perjuangan orang percaya dalam dunia ini adalah melawan keinginan-keinginan daging yang setiap saat timbul. Keinginan daging yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. (Galatia 5:19-21). Akitab juga menjelaskan dengan tegas bahwa mereka yang masih berada dalam keadaan dikuasai daging, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. (Galatia 5:21)
Pergumulan melawan keinginan daging adalah bagian dari proses orang percaya menuju kedewasaan rohani. Semakin ia tumbuh dalam kerohanian semakin ia mampu melawan semua keinginan daging. Ukuran kedewasaan rohani orang percaya adalah seberapa ia mampu menang atas keinginan-keinginan daging dalam dirinya.
Bagaimana orang percaya bisa menang melawan keinginan daging?
1. Tinggal didalam Yesus Kristus.
Ketika Alkitab bicara tentang kemerdekaan didalam Kristus (Galatia 5:1), kemerdekaan yang dimaksud adalah tentang kemenangan atas segala keinginan daging. Mereka yang sungguh-sungguh mengalami kematian Kristus dalam hidupnya adalah mereka yang akan mampu menang atas keinginan daging.
2. Hidup oleh Roh.
Alkitab menjelaskan tentang bagaiaman hidup dalam Roh membuat seseorang tidak akan menuruti keinginan daging (Galatia 5:16). Hidup dalam Roh berarti tinggal di dalam Yesus; melekat kepadaNya setiap saat. Orang-orang yang sunguh-sungguh tinggal di dalam Kristus akan mengalami kemenangan atas keinginan daging. Mereka yang tinggal dalam kristus akan mengalami kehidupan yang dipimpin oleh Roh menuju suatu keadaan dimana kualitas kehidupannya dipenuhi oleh buah-buah Roh: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. (Galatia 5:22)
3. Menjadi milik Kristus
Setiap orang bisa saja merasa sudah menjadi Kristen, rajin beribadah dan menyebut diri sebagai pengikut Kristus namun mereka yang sungguh-sunguh menjadi milik Kristus adalah mereka yang telah terbebas dari keinginan daging; mereka yang telah menyalibkan keinginan daging serta segala hawa nafsu dan keinginannya. Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. (Galatia 5:24)
Semoga kita menjadi orang-orang yang mampu menang atas segala keinginan daging serta segala hawa nafsu dan keinginannya.

Post a Comment

Previous Post Next Post