3 JALAN HIDUP MANUSIA DI DUNIA

Untuk "tercapainya rencana Allah yang Agung atas semesta", Allah dalam keMahaTahuannya, menetapkan 3 tujuan mengapa seseorang harus dilahirkan ke dunia ini.
1. Orang yang DITENTUKAN BINASA (Yoh 17:12, 'Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara (dalam bahasa Yunan: τηρέω = attend) mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa (ἀπόλλυμι = destroy) selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci"). Orang dengan kriteria ini, pikiran dan tindakannya hanya mementingkan diri sendiri semata sehingga menjadi orang yang jahat dalam pemandangan Allah. Kelompok orang dalam kriteria ini, mungkin kelihatannya melakukan pekerjaan atau pelayanan yang hebat semacam; menyembuhkan orang, bernubuat serta pekerjaan dan pelayanan spektakuler lainnya, namun Allah tentu saja tidak bisa dibohongi, dengan motivasi apa mereka ini melayani DIA ? Pasti bukan tanpa alasan jika kemudian Allah berkata "Aku tidak mengenal engkau, enyahlah engkau pembuat kejahatan"
2. Orang yang DIPANGGIL (Roma 8:30, Dan mereka yang ditentukan (προορίζω = predestined) Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil (καλέω = to call) Nya. Dan mereka yang dipanggilNya, mereka itu juga dibenarkan (δικαιόω = righteous) -Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan (δοξάζω = honour, glorious) -Nya. Ciri orang yang DIPANGGIL akan mengalami proses perubahan dalam hidupnya hingga orang bersangkutan memenuhi standar moral yang baik. Melalui hidupnya yang telah diubahkan itu, orang banyak kemudian dapat melihatnya sebagai orang yang memancarkan kemuliaan Allah, sebagai terang dan garam dunia. Dimana orang ini berada, ia selalu membawa damai.
3. Orang yang DIPILIH (Mat 22:14, Sebab banyak yang dipanggil (κλητός = called, invited), tetapi sedikit yang dipilih ( ἐκλεκτός = picked out, chosen). Ciri dari orang-orang yang masuk dalam kelompok TERPILIH, mereka ini kemudian akan menjadi orang yang sangat militan dalam mengiring Kristus. Mereka ini orang-orang yang rela dan bangga jika harus menderita bahkan menjadi martir (dibunuh) bagi Kristus.
Akhirnya, marilah kita merenungkan hidup kita.. dalam kelompok manakah kita saat ini berada.

Post a Comment

Previous Post Next Post