APAKAH TALENTA ITU?


Dalam sebuah kisah perumpamaan tentang hal Kerajaan Allah, Yesus menjelaskan tentang Talenta yang diberikan Allah kepada setiap orang menurut kesanggupannya (Matius 25:14-15). Kerajaan Allah adalah tentang, Allah yang memberikan anda dan saya talenta untuk dikembangkan. Diantara kita ada yang menerima Satu Talenta, Dua Talenta dan bahkan 5 Talenta, namun semua itu menurut kesanggupan kita.

Apa itu Talenta?

Dalam zaman Perjanjian Baru, satu talenta merupakan ukuran jumlah uang yang sangat besar nilainya, yaitu sepuluh ribu dinar. Itu artinya, mereka yang diberi satu talenta sebanding dengan upah sepuluh ribu hari kerja. Jika dipadankan dengan UMR DKI, sebesar Rp. 4,267,349 / bulan dibagi dalam 20 hari kerja, maka per satu hari upah kerja adalah Rp. 53,341.86. Bila dikalikan 10.000 hari kerja, maka nominal 1 Talenta setara dengan Rp. 533,418,625. Bagi seorang tenaga buruh, uang sejumlah ini tentu sangat berarti. Dengan uang sebesar ini, seseorang bisa memulai usaha yang dapat menopang kebutuhan hidupnya dengan kecukupan.

Analogi ini mengisyaratkan, bahwa jika setiap orang percaya mau mengembangkan talenta yang Tuhan berikan kepada masing-masing kita, maka seharusnya tidak akan pernah orang percaya akan mengalami yang namanya kekurangan. Bagi orang percaya, Allah memberikan potensi kelimpahan dan kemakmuran dalam diri setiap orang. Hanya kemalasan dan kebodohan yang membuat seseorang hidup dalam kekurangan.

Dalam dunia pendidikan, kita bisa memadankan Talenta sebagai KECERDASAN bawaan. Setiap anak yang lahir ke dunia, dalam dirinya terdapat minimal satu kecerdasan. Anggaplah sebagai Satu Talenta. Saya ingin kita membandingkan sejenak pemahaman tentang Talenta dengan hasil kajian seorang Psikologis Amerika jebolan Harvard bernama Howard Gardner. Menurut Gardner dalam bukunya berjudul "Frames of Mind: Teori Multiple Intelegences" tahun 1983, mendefinisikan kecerdasan sebagai kemampuan untuk memecahkan suatu masalah, menciptakan suatu prestasi atau produk yang bernilai dalam suatu budaya. 

Beberapa macam kecerdasan menurut Howard Gardner antara lain:

1.    Kecerdasan linguistik adalah kemampuan untuk menyusun pikiran dengan jelas dan mampu mengungkapkannya melalui kata-kata seperti berbicara, membaca atau menulis.

2.    Kecerdasan matematis-logis adalah kemampuan untuk menangani bilangan dan perhitungan, serta pola pemikiran logis dan ilmiah.

3.    Kecerdasan visual adalah kemampuan melihat suatu objek dengan detail.

4.    Kecerdasan musikal adalah kemampuan untuk mengembangkan, mengekspresikan musik, irama, nada dan suara.

5.    Kecerdasan kinestetik adalah kemampuan menggabungkan gerakan fisik dan pikiran sehingga menghasilkan gerakan yang sempurna.

6.    Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan untuk mengerti dan memahami orang lain.

7.    Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan yang berkaitan dengan pengetahuan akan diri sendiri dan bertanggung jawab atas kehidupannya sendiri.

8.    Kecerdasan naturalis adalah kemampuan untuk mengerti alam lingkungan dengan baik, kemampuan untuk memahami dan menikmati alam, dan mengenali berbagai jenis flora fauna dan fenomena alam lainnya.

9.    Kecerdasan spiritual adalah kemampuan untuk merasakan keberagaman atau macam-macam seseorang.

Dengan satu kecerdasan bawaan saja, seseorang dapat bertumbuh sebagai orang yang berprestasi dan olehnya hidup dalam kelimpahan. Sebut saja misalnya beberapa pemain basket, mereka yang dalam dirinya melekat kecerdasan Kinestetis dan mengembangkan kecerdasannya itu samapi ke titik maksimalnya :

1. LeBron James, pemain basket untuk Houston Rockets dari National Basketball Association (NBA). Memiliki total kekayaan USD 86,2 juta atau setara dengan Rp. 1.14 triliun. Semua kekayaan tersebut didaptnya dari gaji dan sponsor yang menggunakan jasanya.

2. Kevin Durant, pemain basket NBA juga yang mendapatkan kekayaan dari gaji sebesar USD 60,6 juta atau setara dengan Rp. 806 Miliar

3. Stephen Curry, USD 47,3 juta.

Anda dapat mencari referensi lain tentang orang-orang yang berhasil sukses mengembangkan kecerdasan mereka sesuai 9 jenis kecerdasan yang dijabarkan oleh Howard Gardner diatas, anda akan terkagum-kagum tentang cara kerja Allah melengkapi setiap manusia dalam hidupnya.

Unttuk apa Allah mempercayakan kita Talenta?
Supaya setiap orang percaya dapat mengembangkan Talenta itu dan menjadi kawan sekerja Allah di bumi ini untuk menjadi berkat bagi orang lain yang belum mengenalNya. Melalui anda dan saya, Allah ingin memberkati seluruh mahlukNya.

Karena bagi orang percaya, tentu semua yang dihasilkan dari upaya mengembangkan Talenta itu akan dikembalikan kehadapan Allah, untuk memuliakan Allah yang telah memberikan itu semua kepada kita. Dan saat kita mampu mengembalikan itu semua kepada Allah, kita akan menjadi orang-orang yang disebut "HAMBA YANG SETIA".

Kenali Talenta yang Tuhan taruh dalam diri anda dan kembangkan itu, maka kelimpahan dan kemakmuran akan menyertai sepanjang hidup anda kemanapun anda pergi.


Ps. Gabriel Hartanto

www.OnlineChurchMinistry.net

Post a Comment

Previous Post Next Post